Teknologi Terbaru 1 | Melihat Masa Depan Perhotelan di Era Teknologi - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Sabtu, 27 April 2019

Teknologi Terbaru 1 | Melihat Masa Depan Perhotelan di Era Teknologi


Peran teknologi bagi indutri perhotelan

Jakarta, Indonesia -- Digitalisasi makin merambah ke sekian banyak  lini dalam kehidupan keseharian di Indonesia. Beberapa tahun lalu, masyarakat barangkali tak percaya bahwa di masa mendatang mereka bisa memesan atau melakukan pembelian apa pun melewati internet melulu dengan sejumlah klik memakai ponsel pintar.

Industri perhotelan adalahsalah satu studi permasalahan yang diuntungkan dari kehadiran inovasi teknologi. Internet of Things (IoT), kecerdasan produksi (Artificial Intelligence), Machine learning, dan otomatisasi merupakan sejumlah inovasi teknologi yang tak melulu merevolusi dari segi pengalaman konsumen, namun pun mampu menyerahkan kemudahan dari segi bisnis.

Contohnya, brankas atau mesin kasir yang perlahan digantikan dengan barcode, pembayaran mobile, dan kini teknologi berbasis komputasi awan (cloud). Inovasi ini sudah sepenuhnya menggantikan keperluan akan sistem pembayaran secara jasmani di loket resepsionis atau kasir, sekaligus menambah pengamanan, efisiensi, dan transparansi.

Dampak selanjutnya dari teknologi dalam mentransformasi industri perhotelan juga dinyatakan oleh Anil Goel, Chief Technology Officer OYO Hotels & Homes.


Anil mengatakan, kecanggihan teknologi terbaru menolong para pemain industri untuk mengejar solusi-solusi potensial untuk para konsumen. "Bagi empunya hotel, urgen untuk terhubung dengan inovasi teknologi terbaru supaya tetap dapat bersaing dalam industri yang dinamis," katanya dalam penjelasan pers Kamis, 4 April 2019.

"Memastikan empiris pelanggan yang berbobot | berbobot | berkualitas membutuhkan pendekatan menyeluruh, melibatkan tidak sedikit aspek operasional dan profesional. Teknologi memainkan peran urgen untuk mewujudkan urusan ini sekaligus memungkinkan empunya hotel guna mengelola kendala dan operasional sehari-hari melewati platform yang didukung dengan teknologi," tambah Anil.

Berikut adalahenam inovasi teknologi teranyar yang mesti diketahui semua pemain di industri perhotelan:

- Internet of Things (IoT) yang menghubungkan sekian banyak  perangkat melewati internet, telah tidak sedikit digunakan oleh hotel-hotel di semua dunia. Beberapa urusan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi ini laksana mengendalikan lampu sampai suhu ruangan. Hal ini akan dominan  besar pada efektivitas ongkos operasional hotel sehari-hari.

- Big Data, pemakaian pengumpulan data berkembang pesat di nyaris semua industri. Pada industri perhotelan, urusan ini dapat membantu pengelola hotel dalam menawarkan empiris menginap yang lebih personal.

Misalnya, pengelola hotel dapat menolong menyarankan tempat wisata yang lebih tepat untuk tamu menurut usia, budget, dan jenis kelamin. Pengelola hotel pun dapat menciptakan analisis berbasis data untuk destinasi bisnis, laksana mengidentifikasi strategi harga yang lebih baik dan penilaian performa bisnis.

- Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/ AI) adalahinovasi berikutnya yang siap menyerahkan dampak untuk industri, tergolong industri perhotelan. Nantinya, empunya hotel dapat memprediksi momen saat kamar-kamar terisi penuh melewati analisis AI menurut tren check in semua tamu. Teknologi ini juga dapat menilai dengan tepat keluhan tamu dan melihatnya dari cabang dan kamar mana keluhan itu berasal sehingga dapat langsung ditindaklanjuti.

- Augmented reality (AR) untuk empiris yang lebih baik. Game mobile berbasis AR memainkan peran urgen kala mempromosikan teknologi AR sampai-sampai diketahui oleh tidak sedikit orang. Teknologi tersebut ketika ini sedang dikembangkan oleh hotel-hotel guna menghadirkan empiris yang terkesan modern pada semua tamunya. Dengan teknologi ini, tamu dapat melakukan tur virtual ke kamar dan sekeliling hotel untuk mengetahui kemudahan maupun atraksi yang ditawarkan di dekat hotel.

- Teknologi Pengenalan (Recognition Technology) adalahsalah satu tren teknologi yang sedang dipelajari pemakaiannya dalam industri perhotelan untuk menghadirkan autentikasi biometrik yang lebih mulus. Teknologi ini dapat dimanfaatkan semua tamu guna membuka kamar hotel mereka dan mengerjakan check in/check out memakai sidik jari atau pemindaian wajah.

- Chatbot untuk membalas pertanyaan, layanan yang memungkinkan semua tamu guna berinteraksi dengan AI melewati tampilan chat. Chatbot dapat memahami pertanyaan simpel dan meluangkan jawaban dalam masa-masa singkat. Dengan mengimplementasikan chatbot, staf hotel dapat fokus pada hal-hal yang lebih perumahan maupun kegiatan yang lebih urgent.


Dengan pertolongan teknologi, semua pemain di industri perhotelan dapat mempercepat bisnis mereka, memperluas jangkauannya ke lebih tidak sedikit orang, tergolong pasar yang sedang berkembang laksana anak muda maupun semua pelancong yang mengetahui teknologi. Tapi apakah itu dengan kata lain industri tak memerlukan lagi tenaga manusia? Anil Goel mempercayai bahwa urusan tersebut tidak bakal terjadi.


"Inovasi teknologi memungkinkan hotel bisa tampil lain di mata publik, mengisi harapan tamu, dan memperluas pasar. Namun teknologi tidak bakal pernah menggantikan kehangatan dan personalisasi yang dihadirkan oleh interaksi manusia," katanya.

"Di masa mendatang, walau kita akan menyaksikan lebih tidak sedikit kemajuan teknologi, interaksi insan akan tetap relevan. Karena teknologi mempermudah operasional, staf hotel bakal lebih tidak sedikit mempunyai waktu dan sumber daya untuk menambah kualitas layanan serta interaksi. Bagaimana pun, bisnis perhotelan sendiri ialah sebuah seni," ujar Anil.

Sementara itu, diterangkan Anil, teknologi sekarang telah diaplikasikan dalam ekosistem OYO. "Teknologi sudah tertanam dalam DNA OYO dan kami adalahperusahaan kesatu yang mengenalkan solusi berbasis teknologi dari segi pengelola, demi menolong mereka dalam mengelola operasional secara menyeluruh," tuturnya. (ann)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar