Teknologi Terbaru 1 | Qlue Bakal Hadir di Bandung, Makassar, dan Kupang - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Sabtu, 27 April 2019

Teknologi Terbaru 1 | Qlue Bakal Hadir di Bandung, Makassar, dan Kupang

Qlue Bakal Hadir di Bandung, Makassar, dan Kupang


Foto: istimewa

Jakarta, Indonesia - Qlue nantinya tak cuma dapat dinikmati di Jakarta karena akan melebarkan sayapnya ke Bandung, Makassar, dan Kupang.

Qlue mengekor program GSMA Ecosystem Accelerator Innovation Fund guna mengembangkan smart city di tiga kota. Qlue telah mengerjakan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan tiga pemerintah kota itu pada mula tahun ini dan dijadwalkan software Qlue bakal mulai dapat dipakai oleh penduduk pada akhir Mei 2019.

Bandung, Makassar, dan Kupang dipilih sebagai tiga proyek smart city GSMA sebab ketiga kota tersebut sudah mempunyai infrastruktur IT mencukupi serta komitmen yang powerful dari pemerintah daerah. 

"Kami memilih tiga kota tersebut sebab Qlue sudah mendapatkan sokongan penuh dari perlengkapan pemerintah sampai-sampai proses tindak lanjut laporan penduduk menjadi efektif. Kami harap hadirnya Qlue di Bandung, Makassar, dan Kupang dapat menolong warga guna berpartisipasi aktif dalam pembangunan kotanya guna menjadi smart city dan mempercepat Indonesia menjadi smart nation," ujar Rama Raditya, Founder dan CEO Qlue.


Qlue adalahperusahaan rintisan teknologi yang mengembangkan software Qlue, suatu platform pelaporan penduduk yang bisa langsung diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh pemerintah. Aplikasi Qlue ialah salah satu produk Qlue yang ketika ini sudah berkembang menjadi suatu perusahaan yang menawarkan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia. 

Pada akhir tahun lalu, Qlue terpilih mengekor program Ecosystem Accelerator Innovation Fund dari GSM Association, yang adalahasosiasi perusahaan telekomunikasi dunia. Qlue dengan sokongan dari GSMA, konsentrasi mengembangkan penyelesaian smart city yang melibatkan teknologi mobile, artificial intelligence, dan internet of things (IoT). 

Qlue menawarkan sekian banyak  solusi teknologi mulai dari dashboard Smart City, CCTV Integration and analyisis, sampai QlueWork - fitur Qlue untuk menambah koordinasi antar instansi yang efektif -- guna mempercepat penerapan smart city untuk tiga kota di Indonesia, yakni Bandung, Makassar, dan Kupang. 

Ketiga kota tersebut sudah menandatangani MoU dengan Qlue pada Maret 2019 lalu. Setelah MoU disepakati oleh kedua belah pihak, maka secara umum pengimplementasian dan proses integrasi bakal berjalan dalam rentang masa-masa 3 (tiga) bulan. Setelah periode tersebut, penduduk kota Bandung, Makassar, dan Kupang telah dapat mengerjakan pelaporan masalah lingkungan dan kota melalui software Qlue.


"Qlue meluangkan platform berbasis Artificial Intelligence, Internet of Things serta integrasi data yang bertujuan untuk menambah produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani persoalan kota," tambahnya.

Dengan platform Qlue, Pemerintah Daerah semakin cepat dalam menerima laporan penduduk serta menyaksikan potensi persoalan yang terdapat di kota itu dalam satu dashboard. Semua data yang terkumpul dalam dashboard akan mempermudah Pemerintah Daerah dalam memformulasikan kebijakan untuk pembangunan daerahnya. 

Untuk itu, Qlue sebagai inovasi teknologi karya anak negeri mendorong semua warga guna menggunakan software Qlue dan menjadi smart citizen. Warga yang cerdas adalahkunci dalam pengembangan smart city dan menyerahkan kontribusi menyokong perubahan positif pembangunan kota melalui software Qlue.

"Sejak mula berdiri Qlue memungut inisiatif guna terus mengenalkan smart city solution untuk publik, dan menambah partisipasi penduduk guna mendorong evolusi pelayanan publik supaya lebih transparan dan akuntabel. Kami membina sebuah platform dalam format dashboard yang dapat memperlihatkan keluhan warga sampai-sampai pemerintah memiliki data real-time dan tempat untuk memetakan sekian banyak  keluhan dan masukan dari warganya," ujar Rama.

Saat ini user Qlue menjangkau lebih dari 700 ribu yang tersebar di semua Indonesia. Dengan adanya program GSMA ini, Qlue menargetkan user bakal meningkat 125 ribu user baru di tiga kota ini. (asj/asj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar