Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Otomotif - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Selasa, 02 Juli 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Otomotif

Ajang Inspirasi untuk Penggiat Otomotif Era Digital

INILAH, Bandung-Menjelang penyelenggaraannya di ICE BSD City pada 18-28 Juli 2019, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menyelenggarakan pre-event berupa takshow GIIAS TALK X BLIBLI.COM bertema Empowering Automotive New Ideas.

Ajang Inspirasi bagi Penggiat Otomotif Era Digital

Teknologi Terbaru - Kegiatan ini menjadi lokasi berkumpulnya semua pelaku dan pencinta otomotif yang dirangkum dalam bentuk talkshow yang mengusung topik-topik hangat di industri otomotif dengan responden terpercaya.

"GIIAS ialah inspirasi teknologi otomotif, dan GAIKINDO ingin supaya penyelenggaraan GIIAS bisa menjadi ajang yang menyerahkan informasi, edukasi, dan manfaat untuk masyarakat Indonesia, oleh karena tersebut kami harapkan program GIIAS Talk bisa memberikan ilham serta membangunkan ide-ide teranyar dalam berkarya di bidang otomotif," ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, dalam acara GIIAS TALK X BLIBLI.COM yang dilangsungkan di Jakarta, Sabtu (29/6/2019).

Dunia Otomotif dan Perkembangan Digital

GIIAS Talk menyuruh komunitas guna lebih mengenal dunia otomotif dengan mengupas pertumbuhan dunia otomotif dari sekian banyak  sudut.

Dari mata seorang Paralympic Athlete M. Fadli misalnya, seorang atlet memerlukan ketekunan dan motivasi pantang menyerah. Karirnya dibuka dari sebagai atlet otomotif, sampai kejadian naas ketika ia berada di pucuk kemenangan, tidak menjatuhkan semangatnya guna terus berusaha dan mengupayakan cabang olah raga lain.


"Titik balik bikin saya ialah saat saya menyimpulkan untuk meneruskan karir saya sebagai atlet, tidak menyerah dan membuka kesempatan lewat cabang olah raga baru yang bisa dibilang sama menantangnya dengan cabang olahraga yang saya geluti sebelumnya," tutur Fadli.

Kecintaannya terhadap otomotif tidak hilang dan menciptakan dia tetap bertahan dan terus memperlihatkan diri. Ia juga terus menyemangati dan memberi semangat untuk semua penggiat otomotif mesti dapat jeli melihat sekian banyak  peluang.

Peluang besar datang dari pertumbuhan dunia digital, yang ternyata memberikan sekian banyak  dampak positif untuk dunia otomotif. Baik itu dari segi media online berbasis otomotif maupun perkembangan komunitas otomotif online, sampai jual beli produk otomotif secara online.

Berdasarkan keterangan dari Hartono Sufi. Chief Marketing Officer Modifikasi.com, media berbasis komunitas menyerahkan ruang tersendiri untuk semua anggota komunitas otomotif terutama untuk terus berkembang.

"Komunitas otomotif terus berkembang dari masa ke masa, mulai dari bentuk, tujuan, dan teknik berkomunikasinya. Saat ini media online merupan wadah sangat efektif untuk komunitas otomotif menggali informasi dan saling berkomunikasi," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Hartono, dunia otomotif memiliki tidak sedikit peluang guna menumbuhkan potensi berkarya baru. Kunci guna terus berkembang ialah harus dapat jeli menyaksikan perubahan yang terjadi supaya bisa mengimbangi keperluan informasi penggiat dunia otomotif.


Tidak hanya dari segi komunitas saja, dunia digital sekarang bersinergi dengan industri otomotif guna memberi konsumen otomotif empiris yang menyeluruh saat mereka menggali dan melakukan pembelian produk-produk otomotif, mulai dari spare parts sampai kendaraan bermotor.

Lay Ridwan Gautama, SVP Trade Partnership Blibli.com, menuliskan bahwa sebagai mal online, Blibli.com menjadi platform yang melengkapi empiris pelanggan saat melakukan pembelian produk otomotif.

"Melalui Blibli.com, semua pelanggan dapat memeriksa harga, mencocokkan spesifikasi dan menemukan penawaran eksklusif yang akan menolong mereka dalam menciptakan keputusan guna membeli. Kini telah muncul juga teknologi 360 derajat dan virtual reality (VR) yang memungkinkan semua pelanggan untuk menikmati fitur inovatif yakni virtual test drive," ujar dia.

Permintaan informasi mengenai otomotif yang cepat, tepat dan akurat pun membuka tidak sedikit peluang untuk para content creator, dan menjadikannya menjadi di antara profesi yang tidak sedikit dicari orang di era digital ini.

Berdasarkan keterangan dari Fitra Eri, yang dikenal masyarakat digital sebagai reviewer otomotif dengan jumlah follower luar biasa ini, kegiatan content creator menjadi salah satu kegiatan impian untuk banyak orang sebab dinilai lumayan mudah, sebenarnya pada kenyatannya guna 'memenuhi' kemauan para viewers tidak jarang semua content creator dipaksa guna berfikir kreatif dan out of the box.


Berdasarkan keterangan dari dia, dengan semakin berkembangnya teknologi otomotif semakin tidak sedikit bagian yang dapat dibahas.

"Jangan melulu review kendaraan dari performanya saja tetapi dari teknologi yang muncul dalam kendaraan itu," paparnya.

Fitra Eri yang pun adalahpembalap nasional, menuliskan nahwa pertumbuhan otomotif di Indonesia sejalan dengan tema GIIAS 2019 yakni Future in Motion.

"Kendaraan mulai berkembang mengarah ke ke fase yang lebih mengedepakan teknologi dan digital," jelasnya.

GAIKINDO Dukung Perkembangan Otomotif Indonesia

Perkembangan industri otomotif terdapat dalam kecepatan penuh, dimana ketika ini efek kehadirannya telah dapat dirasakan,berbagai teknologi modern yang ditenggelamkan diberbagai jenis kendaraan ialah masa depan otomotif yang dengan cepat menjadi unsur masyarakat penyuka otomotif Indonesia.

Dijelaskan oleh Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO, industri otomotif Indonesia memberikan sokongan penuh guna pemerintah dalam program percepatan pengembangan kendaraan listrik. Sejumlah pelaku industri otomotif di Indonesia, telah mengerjakan proyek percontohan guna kendaraan listrik.

"Pertumbuhan pemakaian kendaraan berbasis EV ini paling bergantung pada pasar Indonesia, permintaan bisa tumbuh bila penawaran kendaraan EV dapat berlomba dengan kendaraan konvensional," ujar Kukuh.

Ia pun menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur penyokong dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station yang memerlukan waktu pun menjadi salah satu hal yang mempengaruhi.

Sementara pertumbuhan teknologi kendaraan semakin modern dan ramah lingkungan, tergolong teknologi bahan bakar. Hal ini memungkinkan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) memakai bahan bakar yang tidak berasal dari fosil, yang ketika ini ketersediaannya semakin menipis.

Indonesia pun sudah menjadi unsur dari pergerakan ini dengan rencana pemerintah mengembangkan teknologi bahan bakar minyak ramah lingkungan (green fuel), bahan bakar yang berasal dari sumber daya alam nabati, yaitu sawit, dari segi bahan baku pemakaian bio fuel tersebut paling memungkinkan, karena sejumlah daerah di Tanah Air adalahpenghasil sawit terbesar di dunia.

"Pengembangan green fuel ini disambut baik oleh GAIKINDO. Pasalnya, ketersediaan pelbagai sumber green fuel di Indonesia, dan dari segi spesifikasi mesin tidak perlu evolusi yang signifikan," jelas Kukuh.

GAIKINDO menyokong perkembangan otomotif dan industri otomotif masa mendatang dan memungut peran urgen dalam perkembangan peradaban industri tersebut, dan lewat penyelenggaraan GIIAS 2019, GAIKINDO berada di deretan terdepan untuk menyerahkan informasi dan edukasi mula tentang sekian banyak  inovasi dari industri otomotif, sampai-sampai Indonesia siap menyambut evolusi positifnya.

GIIAS 2019 akan memperlihatkan total 20 brand  kendaraan penumpang, yaitu Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Hadir pula 10 brand  kendaraan komersial dan karoseri, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks, serta Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Sebanyak 11 brand  sepeda motor pun akan muncul mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek sudah mencatatkan komitmennya pada pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara tersebut.

GIIAS 2019 yang akan dimulai secara sah pada 18 Juli 2019, pulang mendapatkan sokongan penuh dari Astra Financial sebagai sponsor platinum. Tahun ini, GIIAS pun menggandeng Blibli.com sebagai sponsor exclusive e-commerce & online ticketing.

Bersama Astra Financial dan Blibli.com, GIIAS 2019 bakal menjanjikan fasilitas dan deviden untuk semua pengunjung. Caranya ialah lewat program Pre-Sale tiket masuk GIIAS 2019 yang sudah dilangsungkan di laman Blibli.com semenjak 18 Juni sampai 17 Juli 2019.

Sepanjang program Pre-sale tiket GIIAS 2019 berlangsung, pengunjung bakal mendapatkan potongan langsung harga tiket sebesar 10 persen, dan andai pembayaran dilaksanakan dengan memakai kartu Bank Permata dari Astra Financial, pengunjung bakal mendapatkan ekstra potongan harga sebesar 10 persen lagi.

Dan yang sangat menarik, dengan melakukan pembelian Pre-Sale tiket GIIAS 2019 di Blibli.com, pengunjung berpeluang untuk langsung meregistrasi online guna program test drive maupun test ride pada penyelenggaraan GIIAS 2019. Penawaran ini melulu berlaku guna pembelian online tiket di Blibli.com.

Setelah penyelenggaraan di ICE BSD City, susunan GIIAS 2019 bakal berlanjut dengan GIIAS Makassar, 11-15 September 2019, berlokasi di Celebes Convention Center, dan diblokir di Medan, 23-27 Oktober 2019, di Santika Convention Center. (inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar