Teknologi Terbaru 1 Dibidang Komputer | Kumpulan Penemuan Sains & Teknologi Sepanjang Tahun 2018 - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Jumat, 05 April 2019

Teknologi Terbaru 1 Dibidang Komputer | Kumpulan Penemuan Sains & Teknologi Sepanjang Tahun 2018


Sepanjang tahun 2018, semua ilmuwan memperoleh sekian banyak  temuan, baik dalam bidang sains maupun teknologi. Apa saja penemuan tersebut?


Perkembangan teknologi yang semakin modern di masa sekarang memiliki tidak sedikit peran, nyaris di masing-masing aspek kehidupan. Teknologi dibuat untuk memudahkan sekian banyak  hal, baik yang rumit maupun gampang sekalipun, tak terkecuali sains. Teknologi dan sains laksana dua saudara kembar yang susah untuk dipisahkan. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan dunia sains maju paling pesat dibarengi dengan penemuan-penemuan teknologi yang menunjang kecepatan peneliti dalam bidang sains. Berikut ialah sejumlah penemuan teranyar dari dunia sains dan teknologi di sepanjang tahun 2018, yang Tirto rangkum dari sekian banyak  sumber: 

JANUARI: WHO Mengklasifikasikan Kecanduan Game sebagai Gangguan Mental

Dirilis dari WHO, Gaming Disorder yang didefinisikan dalam Revisi ke-11 International Classification of Diseases (ICD-11) sebagai pola perilaku permainan ("digital-gaming" atau "video-gaming") yang ditandai oleh gangguan kontrol atas game. Adanya penambahan prioritas yang diserahkan untuk bermain game alih-alih kegiatan lain, game lebih dikhususkan daripada minat dan kegiatan harian lainnya, dan adanya penambahan permainan meskipun terjadi konsekuensi negatif. Oleh WHO, kejangkitan game ini diklasifikasikan sebagai gangguan yang diakibatkan dari kelaziman atau kecanduan. Dampak bermain game secara berlebihan dapat menyerahkan efek buruk untuk kesehatan jasmani dan psikologis, laksana anti sosial, depresi, mata rabun, sakit kepala, dan gangguan tidur.

FEBRUARI: Kerangka Lengkap Tertua di Inggris Memiliki Kulit Gelap dan Mata Biru 

Analisis DNA Cheddar Man (sebutan guna kerangka menyeluruh tertua di Inggris) mengindikasikan bahwa ia mempunyai kulit berwarna gelap dan bermata biru. Kerangka ini diduga hidup 10.000 tahun yang lalu. Asumsi mula dari riset ini ialah Cheddar Man berkulit pucat dan berambut terang. Dalam The Guardian dijelaskan, fosil ini ditemukan lebih dari satu abad yang kemudian di Gua Gough di Somerset. Spekulasi yang sudah berkembang secara intens tentang asal-usulnya dan bagaimana penampilannya di masa lalu sebab ia hidup tak lama setelah semua pemukim kesatu menyeberang dari benua Eropa ke Inggris pada akhir zaman es terakhir. Orang-orang leluhur Inggris berkulit putih yang hidup hari ini ialah keturunan dari populasi ini. Cheddar Man dipertontonkan di Natural History Museum di Inggris.

MARET: Scott Kelly Tidak Lagi Kembar Setelah Setahun Lamanya Berada di Luar Angkasa

Studi yang dilaksanakan NASA menghasilkan penemuan bahwa Scott Kelly bukan lagi menjadi kembar identik untuk saudaranya sesudah ia sedang di luar antariksa selama satu tahun. Hal ini bukan disebabkan DNA nya berubah sebab pada dasarnya mereka masih kembar identik. Hanya saja studi ini hendak mempelajari bagaimana tubuh seseorang bereaksi terhadap lingkungannya, dalam permasalahan ini bagaimana reaksi DNA yang diprovokasi oleh luar angkasa. Hasil studi mengindikasikan bahwa evolusi yang terjadi pada Scott sangatlah kecil, melulu 7 persen. Dikutip dari tulisan yang diterbitkan oleh NASA, Para peneliti kini tahu bahwa sejumlah 93 persen gen Scott pulang normal sesudah mendarat. Namun, tersisa 7 persen yang bisa jadi akan dibuntuti dengan evolusi jangka panjang dalam gen yang berhubungan dengan sistem kekebalannya, perbaikan DNA, jaringan pembentukan tulang, hipoksia, dan hiperkapnia. 

APRIL: Pakistan Cetak Suhu Terpanas di Bulan April

Kota Nawabshah di Pakistan mencetak rekor global pada bulan April dengan suhu setinggi 50,2 derajat celsius. Sebelumnya, di tahun 2017 Pakistan menempati 10 besar negara yang sangat rawan akan evolusi cuaca. Catatan ini meningkatkan Nawabshah masuk dalam datar panjang cuaca panas internasional yang fanatik sejak 2017, merangkum suhu tertinggi yang dipegang oleh di Spanyol dan Iran yang pernah terdaftar musim panas lalu. Dilansir dari Washington Post, pada Mei 2017, kota barat Turbat di Pakistan menjangkau 128,3 derajat celsius, mengikat suhu tertinggi sepanjang masa-masa di negara tersebut dan suhu rekor dunia guna bulan itu, menurut keterangan dari Jeff Masters, Weather Underground. 


MEI: Mesin Pengontrol Hujan guna Dataran Tibet 

Cina memberitahukan rencananya untuk menciptakan mekanisme pengontrol cuaca terbesar di dunia. Mesin ini nantinya memiliki faedah untuk memodifikasi cuaca. Forbes menyebutkan, perusahaan Sains dan Teknologi Aerospace kepunyaan negara Cina punya rencana guna mengirim ribuan mesin penghasil hujan di semua Dataran Tinggi Tibet, untuk menambah curah hujan di sepanjang distrik tersebut. Mesin-mesin ini bakal menghasilkan partikel iodida perak yang paling halus yang kemudian diusung ke atmosfer dengan angin upwelling. Ketika partikel-partikel ini terdispersi ke atmosfer, mereka beraksi sebagai titik nukleasi air kental. 

JUNI: Summit Akan Jadi Super Komputer Tercepat di Dunia

Oak Ridge National Laboratory memberitahukan peluncuran super komputer tercepat di dunia, yang disebut Summit. Komputer ini didesain guna dapat memecahkan masalah energi, kepintaran buatan, dan sebagai perangkat komputasi terkuat di komunitas sains. Summit menempati peringkat kesatu dalam TOP 500, mengekor jejak superkomputer lainnya yakni Jaguar dan Titan. "Dengan KTT semua peneliti bisa mensimulasikan dan mengeksplorasi gejala kompleks dan mendapat  hasil dalam disiplin mulai dari bahan kuantum dan kimia, fisi modern dan energi fusi, guna bioenergi dan bioskain dasar, lebih cepat dan lebih detail," kata Direktur ORNL Thomas Zacharia dalam website resmi ORNL. "Di samping pemodelan dan simulasi tradisional, Summit pun akan bermanfaat sebagai kecerdasan produksi dan makhluk pembelajaran dalam, dapat menganalisis sebanyak besar data dan mengotomatisasi langkah-langkah urgen dari proses penemuan.”

JULI: Merah Muda Warna Biological Tertua di Dunia 

Dr. Nur Gueneli, seorang mahasiswa doktoral dari Australia National University mengejar warna tertua di dunia, yakni merah muda. Ia menghancurkan bebatuan yang berusia miliaran tahun sampai menjadi bubuk lantas mengekstraknya dan meneliti molekul organisme kuno dari zat tersebut. Bebatuan itu ditemukan di dalam batuan dari Gurun Sahara. Dalam Breakingnewsenglish Gueneli menyatakan betapa pentingnya penemuan itu. Dia berkata, "Bayangkan Anda dapat menemukan fosil dinosaurus kulit yang masih mempunyai warna 

AGUSTUS: NASA Me-launching Parker Space Probe 

NASA me-launching Parker Space Probe yang bakal menjadi tujuan kesatu ke matahari bahkan di dalam inti dalamnya, yakni korona. Pesawat ini akan diserahkan pelindung komposit karbon 4,5 inci (11,43 cm), yang dapat menahan suhu di luar pesawat ruang antariksa yang mencapai nyaris 2.500 fahrenheit atau 1,377 celsius. Dikutip dari website resmi kepunyaan NASA, Parker Solar Probe akan mengerjakan penyelidikan ilmiah di daerah riskan dari radiasi panas dan matahari yang paling kuat. Pesawat ruang antariksa ini bakal terbang lumayan dekat ke matahari untuk menonton kecepatan angin matahari naik dari subsonik ke supersonik dan bakal tetap terbang meskipun berada di lokasi kelahiran partikel tenaga surya tertinggi. Misi utama peluncuran Parker Solar Probe ini ialah untuk melacak bagaimana energi dan panas bergerak melewati korona matahari dan guna mengeksplorasi apa yang mempercepat angin matahari serta partikel energi matahari. 

SEPTEMBER: WHO Sebut Seperempat Manusia di Dunia Tak Berolahraga guna Hindari Risiko Penyakit 

WHO mengadukan bahwa lebih dari seperempat insan di dunia tidak berolahraga guna menghindari risiko penyakit berat. Hasil riset WHO menunjukkan, dalam rentang masa-masa 15 tahun tidak ada peradaban untuk menjangkau target beraktifitas jasmani secara global di tahun 2025. Dalam jurnal yang diterbitkan oleh The Lancet Global Health, guna dari kegiatan fisik paling baik dan meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dan kanker payudara dan usus besar. Di samping itu, berolahraga mempunyai efek positif pada kesehatan mental, penundaan onset demensia, dan dapat menolong memelihara berat badan yang seimbang. 

OKTOBER: Peningkatan Konsumsi Manusia Penyebab Penurunan Satwa Liar 

Kelompok konservasi WWF menuliskan "meledaknya konsumsi manusia" telah mengakibatkan penurunan 60 persen di seluruh satwa binal antara tahun 1970 dan 2014. Hal ini diprovokasi oleh peningkatan keperluan manusia yang terus bertambah seperti buatan pangan, sandang, sampai sumber daya alam. Sebelum ledakan populasi eksplosif pada abad ke-20, konsumsi insan lebih kecil daripada tingkat pembaruan Bumi. Namun laporan WWF Living Planet Report, menulis bahwa ekosistem kini dengan cepat habis, dengan hutan, terumbu karang, lahan basah dan bakau seluruh menyusut. 

NOVEMBER: Kawah Benturan Besar dari Meteorit Besi Diidentifikasi di Bawah Hiawatha Glacier di Greenland 

Sebuah kawah meteorit lebar dengan panjang 31 kilometer ditemukan di bawah lapisan es di Greenland utara. Kawah itu terbentuk dari meteorit besi sepanjang satu km yang menghantam wilayah tersebut dan tersembunyi 1 km di bawah es. Kawah ini ditemukan kesatu kalinya oleh peneliti dari Center for GeoGenetics di Natural History Museum of Denmark, Universitas Copenhagen pada bulan Juli 2015. Dalam rilis yang dituliskan oleh Sciencedaily, ketidakpercayaan mereka bakal benda raksasa ini ialah kawah meteorit, yang diperkuat saat tim mengirim pesawat riset Jerman dari Alfred Wegener Institute guna terbang di atas Gletser Hiawatha dan memetakan kawah dan es di atasnya dengan radar es baru yang kuat. Joseph MacGregor, berpengalaman glasiologi di NASA, yang berpartisipasi dalam riset ini dan berpengalaman dalam pengukuran radar es. 


DESEMBER: Jepang Luncurkan Saluran TV 8K Super High Definition Pertama di Dunia 

Jepang melewati saluran NHK mengenalkan saluran TV 8K High Definition kesatu di dunia dengan mengembangkan visi super-hi semenjak tahun 1995. Dilansir dari BBC.com, keunggulan yang ditawarkan oleh drainase baru ini ialah peningkatan dalam resolusi gambar dan dapat merangkum 24 drainase audiao dengan suara surround yang mendalam dengan asa dapat dipakai dalam siaran tayang Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralympic Games mendatang. Beberapa produsen televisi telah memberitahukan peluncuran televisi dengan keterampilan besar ini walau dari segi ongkos masih terbilang paling mahal, lagipula jika diproduksi secara luas.


Baca juga : 5 Berita Populer Teknologi INDONESIA AKAN DI BANJIRI FITUR LAA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar