Teknologi Terbaru 1 | Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Senin, 13 Mei 2019

Teknologi Terbaru 1 | Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi


Astra mengembangkan ujian sertifikasi Meister bareng EKONID

Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi 

Jakarta, Indonesia - Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) mengemban groundbreaking pembangunan Kampus Polman Astra Delta Silicon di Kawasan Industri Delta Silicon II Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hal tersebut sebagai wujud komitmen Astra guna memajukan edukasi vokasi di Indonesia.

"Selama 5 tahun terakhir, selama 60 persen alumni Polman Astra sudah diserap langsung oleh Grup Astra, sedangkan sisanya diserap oleh industri beda serta beberapa kecil melanjutkan studi dan membuka usaha," ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, Jumat (10/5). 

1. Pendidikan di Polman Astra memenuhi kebutuhan industri


Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi 

Prijono menjelaskan, keterserapan alumni oleh industri ini adalahsalah satu teknik mendukung program pemerintah mengerjakan link and match antara keperluan industri dan edukasi tinggi vokasi.

“Kampus Polman Astra di area industri Delta Silicon diinginkan dapat mengembangkan portofolio program, baik dari program studi baru maupun sertifikasi kompetensi, laksana Meister di bidang otomotif yang baru dijalankan di Polman Astra yang sekarang menjadi program sertifikasi Jerman Meister kesatu di Asia,” ungkapnya.

2. Kampus Polman Astra dirancang dengan konsep green campus

Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi 

Berdasarkan keterangan dari Prijono, Kampus Polman Astra Delta Silicon bakal menjadi kampus pengembangan dari kampus Sunter, Jakarta Utara. Kampus yang dirancang dengan konsep green campus ini bakal didirikan di atas tanah seluas 5 hektare dengan total luas bangunan selama 47.000 meter persegi.

Fasilitasnya terdiri atas ruang pembelajaran, laboratorium, workshop, teaching factory serta asrama guna mahasiswa baru. Kapasitas kampus baru diinginkan 4 kali lebih besar dikomparasikan kapasitas kampus yang ada ketika ini. Dengan kapasitas tersebut, Polman Astra tengah mempersiapkan pengembangan program-program unggulan. Saat ini Polman Astra memliki 6 Program Studi Diploma 3.

"Nantinya, program studi akan meningkat baik dari jenis maupun jumlah mahasiswa yang terakomodasi di kampus pengembangan. Selain tersebut Polman Astra bakal memilki kapasitas guna mengembangkan program-program edukasi sertifikasi kompetensi yang sangat diperlukan oleh industri," lanjutnya.

3. Ada kegiatan pembelajaran dual system

Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi 

Di samping itu, sokongan industri Astra untuk Polman Astra terlukis dari kegiatan pembelajaran dual system, yakni kolaborasi pengembangan kurikulum, pemagangan mahasiswa di industri Astra, dosen industri Astra yang melatih di Polman Astra, serta sokongan fasilitas pembelajaran praktik.

Polman Astra sekitar ini menemukan hibah kemudahan pembelajaran praktik dari industri Astra, antara beda PT Astra Honda Motor, PT Gaya Motor, PT Astra Isuzu Motor Indonesia, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Astra Daihatsu Motor, PT Astra Graphia Information Technology, PT Astra International Tbk– Auto2000, serta PT Toyota Astra Motor yang baru saja menyumbangkan 2 unit mobil guna pembelajaran praktik pada Astra Automotive Meister Preparation and Certification Program.

"Sejak tahun 1995, Astra telah menyokong kontribusi pengembangan Polman Astra yang dinaungi oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) sebagai suatu lembaga edukasi vokasi di bidang teknologi, terutama yang berhubungan otomotif dan sumber daya alam," kata Prijono.

4. Astra mengembangkan ujian sertifikasi Meister bareng EKONID

Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi 

Sebagai unsur dari pengembangan portofolio program sertifikasi kompetensi, lanjut dia, Polman Astra mengenalkan “Astra Automotive Meister Preparation and Certification Program”. Dikembangkan bareng dengan Perkumpulan Ekonomi Indonesia Jerman (EKONID), batch kesatu program ini dibuntuti 10 orang peserta dari Sales Operations PT Astra International Tbk dan alumni Polman Astra.

"Setiap batch program bakal menempuh pembelajaran di Polman Astra sekitar 10 bulan. Pada kuartal kesatu tahun 2020 diinginkan akan menempuh ujian sertifikasi Meister berstandar Jerman yang difasilitasi oleh EKONID," ujarnya.

5. Sebesar 35 persen mahasiswa Polman Astra bisa beasiswa penuh

Penuhi Kebutuhan Industri, Polman Astra Kembangkan Pendidikan Vokasi 

Sejak tahun 2009, Astra telah mengabdikan diri beasiswa penuh untuk 35 persen dari jumlah mahasiswa Polman Astra yang direkrut tiap tahunnya. Total 681 mahasiswa sudah menerima program ini.

Untuk proses seleksi dilaksanakan Polman Astra, tetapi sebagian juga dilaksanakan melalui kerja sama sejumlah anak perusahaan Astra. Salah satunya ialah kerja sama dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Polman Astra merekrut murid dan siswi terbaik dari SMK binaan AHM guna masuk dalam program beasiswa ini. Di samping AHM, PT Astra Agro Lestari Tbk dan PT United Tractors Tbk berkerja sama dengan Polman Astra menyerahkan beasiswa untuk mahasiswa Polman Astra.

"Kampus Polman Astra Delta Silicon bakal memperkuat motivasi Astra mengembangkan edukasi vokasi yang sejalan dengan cita-cita Astra guna sejahtera bareng bangsa," kata dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar