Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Wifi - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Jumat, 12 Juli 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Wifi

D-Link COVR-C1203.


Teknologi Terbaru - Sebagai pemain lama dan lumayan populer di pasar perlengkapan jaringan, D-Link pun ikut memproduksi perlengkapan yang menyokong teknologi Mesh WiFi yang sekarang sedang tren. Produk terbarunya mempunyai nama D-Link COVR-C1203.

Seperti yang diketahui, Mesh WiFi seringkali hadir dengan paket penjualan mengandung tiga unit. Satu sebagai router utama dan dua lagi sebagai repeater. Tujuannya guna menghasilkan cakupan WiFi yang luas dengan sinyal kuat.

Berbeda dari router tradisional maupun Mesh WiFi lain, D-Link COVR C1203 muncul dengan desain berukuran mungil. Besarnya melulu seukuran cengkeraman tangan orang dewasa. Desainnya pun lebih menarik. 


Perangkat ini mempunyai desain dengan lapisan warna cover unsur tengah yang dapat diganti. Tersedia dua pilihan warna, yakni emas dan biru gampang dalam paket penjualan. Meskipun ini melulu gimmick tapi mesti dikenang bahwa desain router sekitar ini tidak begitu menarik.


Hal tersebut menciptakan pemakainya kadang beranggapan untuk menaruhnya di tempat yang tersembunyi, namun tidak dengan D-Link COVR-C1203. Perangkat ini mempunyai dimensi ukuran 104,5 x 108 x 51mm dengan mutu ringan.


Unit router utama ditandai dengan huruf A sedangkan yang lainnya sebagai repeater. Proses pemasangannya sebenarnya tidak sulit, namun agak merepotkan. Karena proses ini mesti dilaksanakan satu per satu dengan bergantian.

Jadi masing-masing router mesti dihubungkan terlebih dahulu ke router internet utama atau kabel internet di rumah. Tujuannya untuk mengerjakan perkenalan jaringan WiFi yang telah ada di lokasi tinggal dan mengerjakan konfigurasi.

Proses ini dilaksanakan satu per satu untuk masing-masing unit D-Link COVR-C1203. Setelah proses berlalu maka unit mesti dimatikan terlebih dahulu dan dikobarkan kembali guna siap bermanfaat dan di sebar di sekian banyak  titik.

Cara ini masih lumayan repot dikomparasikan merek beda yang hanya perlu proses pairing secara berdampingan saat ketiga unit menyala dengan panduan software di smartphone. D-Link COVR-C1203 pun memiliki software pendamping D-Link WiFi yang dipakai untuk mengaskes sejumlah fitur.


Perlu diketahui bahwa D-Link COVR-C1203 mempunyai daya jangkau 465 meter persegi. Jangkauan ini jelas paling luas. Dari sisi konektivitas yang disediakan, sebenarnya D-Link COVR-C1203 tergolong yang biasa saja.


Perangkat ini meluangkan konektivitas AC1200 dari 802.11ac, yang dengan kata lain menyediakan bandwidth 1200Mbps. Kapasitas itu dibagian menjadi dua jaringan atau fitur Dual-band MU-MIMO, 2,4GHz di 300Mbps dan 5GHz di 866Mbps.

Bagi konsumen yang gemar mengerjakan konfigurasi di masing-masing frekeuensi, mereka tidak akan mengejar fitur itu di D-Link COVR-C1203. Hal itu tidak dapat dilakukan dan terdapat fitur Auto Band Steering. Konektivitas sejumlah perangkat secara otomatis akan beralih dari koneksi 2,4GHz ke 5GHz atau sebaliknya.

Fitur ini tak begitu terlihat sebab Medcom.id tidak dapat benar-benar memisahkan dari kualitas koneksinya. Tidak ketinggalan, di masing-masing unit D-Link COVR-C1203 terdapat dua port Ethernet keterampilan Gigabit yang salah satunya bermanfaat sebagai WAN dan LAN.



Kelebihan dari Mesh WiFi ialah dengan cakupan yang luas, jaringan dari perangkat melulu akan meluangkan satu SSID. Hal ini menghilangkan momen jaringan WiFi putus dan tersambung lagi saat beralih ruangan atau lantai di rumah.


Dalam eksperimen Medcom.id menggunakannya di bangunan dua lantai, kualitas koneksi yang ditawarkan termasuk bagus sebab memberikan sinyal yang lebih kuat dikomparasikan menggunakan router tradisional dengan jaringan AC1200.

Demikian pun pada bangunan tigal lantai yang diisi oleh cukup tidak sedikit perangkat elektronik nirkabel dan jaringan WiFi. Kualitasnya masih dapat diandalkan. Proses konfigurasi yang lebih menyeluruh hanya dapat dilakukan lewat tampilan web, bukan dari software mobile. Medcom.id mengejar bahwa D-Link COVR-C1203 tidak menyediakan sokongan keamanan anti malware di dalamnya


Kesimpulan
D-Link COVR-C1203 diposisikan sebagai pilihan untuk konsumen yang baru hendak menggunakan teknologi Mesh WiFi. Hal ini tampak dari jenis jaringan AC1200 yang ditawarkan menilik jaringan dengan bandwidth 1200Mbps ini pun sangat pasaran pada router tradisional.

Dibanderol harga mulai dari Rp3,6 juta, konsumen bakal mendapatkan tiga unit router yang menyokong fitur Dual-band. Hal ini lebih menguntungkan ketimbang Mesh WiFi yang melulu menyediakan dua router unit. Dari segi kemampuannya, D-Link COVR-C1203 menyediakan cakupan yang pun luas.

Proses pemasangannya tidak susah tapi lumayan merepotkan guna dilakukan. Sayangnya, jaringan Dual-band tadi pun tidak dapat dikonfigurasi terpisah. Fitur Auto Band Steering pun kurang terasa. Saat kita hendak terkoneksi di 5GHz, dapat saja perangkat dialihkan ke jaringan koneksi 2,4GHz.

Medcom.id pun tidak menemukan sokongan anti-malware dalam fitur D-Link COVR-C1203. Padahal fitur ini telah jadi pelengkap utama produk jaringan laksana router dan menyaksikan harga jual yang dipasang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar