Teknologi Terbaru 1 | Awal Ramadan, Momen Vendor Ponsel Pintar 'Panen Raya' - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Selasa, 07 Mei 2019

Teknologi Terbaru 1 | Awal Ramadan, Momen Vendor Ponsel Pintar 'Panen Raya'

Awal Ramadan, Momen Vendor Ponsel Pintar 'Panen Raya'

Awal Ramadan, Momen Vendor Ponsel Pintar 'Panen Raya'
IDC Indonesia menilai awal ramadan jadi salah satu momen vendor ponsel mengeruk keuntungan. (Foto: CNN Indonesia/Galih Gumelar)

Jakarta, Indonesia -- Ramadan jadi periode pening untuk vendor ponsel cerdas di Indonesia. Sejumlah vendor kerap bersaing sengit untuk mengenalkan ponsel baru, sedangkan sebagian lainnya tengah bersiap mengerjakan 'ritual' serupa.

Asus jadi di antara vendor yang sangat menggebu-gebu menghadapi ramadan kali ini. Belum genap sebulan sejak mengenalkan Zenfone Max Pro M1, produsen asal Taiwan tersebut kembali mengenalkan iga ponsel baru sekaligus di hari kesatu Ramadan, Kamis (17/5).

Ketiga ponsel itu ialah Zenfone Live L1, Zenfone 5, dan Zenfone 5z, setiap mempunyai target segmen yang berbeda.

Rizky Febrian, Associate Market Analyst IDC Indonesia menyaksikan strategi Asus sama sekali bukan urusan baru. Pasalnya momen ramadan yang sedang di kuartal kedua bisa dibilang masa panen raya untuk para vendor.

"Biasanya sih di kuartal kedua, kontribusi ke vendor selama 26 persen dari pengapalan sekitar satu tahun," 


Asus memang tak sendiri yang menempuh strategi mengeruk untung di masa pembagian THR nanti. Oppo pun berancang-ancang merilis varian baru dari model F7 dalam lima hari ke depan.

"Bagi kami produsen smartphone sebetulnya ramadan ialah momentum peak season bikin kami lagipula trennya seringkali setelah THR turun hingga ke hari lebaran," ucap PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Aryo menyaksikan konsumen memang punya kecenderungan berganti ponsel atau melakukan pembelian baru. Itu sebabnya di samping menyiapkan varian F7 baru, Oppo disebut akan memperkenalkan lini seri anyar.

Di samping Asus dan Oppo, sejumlah nama vendor beda yang telah mengenalkan ponsel baru jelang ramadan ini ialah Samsung dengan Galaxy A6, Advan dengan i6, Xiaomi dengan Redmi S2 pada 22 Mei nanti. Dalam masa-masa dekat, LG pun dikabarkan akan membuka pemesanan mula LG G7 ThinQ.


Mencermati keterampilan pasar yang tidak jarang kali melemah pada Q1 dan Q3, periode ramadan ialah waktunya semua vendor ponsel cerdas 'bertempur' berebut pelanggan lewat produk-produk terbarunya. Risky menyaksikan situasi ini menjadi deviden tersendiri untuk konsumen dalam memilih.

Pada tahun lalu, porsi ekspedisi ponsel pada Q2 berkontribusi lumayan besar dari tahun ke tahun. Sekitar 7,6 juta unit ponsel sukses dipasok guna memenuhi keperluan pasar pada Q2 2015, angka itu meningkat menjadi 7,9 juta pada Q2 di 2016 dan 2017.

"Banyak vendor yang sudah menyerahkan harga dengan paling kompetitif sampai-sampai pada kesudahannya konsumen yang bakal diuntungkan karena dapat mendapatkan smartphone dengan fitur terkini tetapi dengan harga yang masih ramah di kantong," jelas Risky. (evn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar