Teknologi Terbaru 1 | Apple Bakal Makin Tertinggal? - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Jumat, 10 Mei 2019

Teknologi Terbaru 1 | Apple Bakal Makin Tertinggal?

Apple Bakal Makin Tertinggal?

Huawei P30 Pro
Huawei P30 Pro


Jakarta, Indonesia - Jadwal peluncuran iPhone yang telah diset setahun sekali menciptakan Apple kehilangan sejumlah momentum untuk mengawal daya kompetisinya. iPhone terbaru sudah meluncur semenjak September tahun kemudian dan anda baru akan menyaksikan produk teranyar iPhone pada September mendatang. Artinya, selang masa-masa yang lumayan panjang ini dapat dimanfaatkan oleh semua pesaingnya guna menelurkan produk-produk inovatif.

Faktanya, produk smartphone tumpuan Apple keluaran teranyar pun dari segi fitur hampir tak berubah dari produk sebelumnya. iPhone XS, XS max dan iPhone XR melulu diperbarui dari segi sistem operasi dan sokongan chipset terbaru. Bagi kamera hampir tak ada pertumbuhan berarti.

Padahal rivalnya laksana Samsung dan Huawei sekarang menawarkan kinerja kamera yang lebih baik dari produk iPhone terbaru. Kita dapat saksikan bagaimana keterampilan kamera Galaxy S10 dan Huawei P30 Pro yang lebih mumpuni untuk pemungutan gambar pada lingkungan rendah cahaya.


Ini pernah diusung topik unik yang diunggah The Verge dengan judul “The iPhone’s camera used to be a selling point”, atau singkatnya, “Dulu kamera menjadi nilai jual iPhone”. Sang penulis tulisan Vlad Savov menyoroti bagaimana sekarang kamera iPhone semakin terbelakang dari yang lain.

Dia pun pernah mencatat empat tahun yang kemudian bahwa bila hendak mengalahkan iPhone, Anda mesti mengungguli kameranya. Tak dipungkiri, sampai kini fitur kamera masih menjadi nilai jual terpenting dari smartphone. Betul pun pendapat Savov, yang menyinggung Facebook, Instagram, Snapchat, dan bahkan Twitter seluruh bergantung pada kamera untuk menciptakan orang tercebur dan berbagi dengan dunia digital, jelas bahwa kamera yang hebat sangat urgen untuk pesona smartphone yang hebat.

Selama bertahun tahun semua pabrikan smarphone berlomba-lomba untuk menambah kualitas kamera demi memuaskan pemakainya. Misalnya Google yang memperkenalkan Pixel pada tahun 2016 dan yang punya beberpa keunggulan dari kamera iPhone pada masa-masa itu. HTC pun merespons dengan kamera-kamera brilian di U11 dan U11 Plus. Kemudian Huawei mengenalkan night mode yang hebat pada P20 Pro tahun lalu, mengungguli Pixel, kemudian Google merespons dengan fitur Night Sight, yang adalahrevolusi guna pencitraan malam hari. Dan sekarang, Huawei sudah kembali dengan P30 Pro yang bahkan lebih baik yang lebih maju dari Night Sight. Nanti pada kuartal akhir tahun ini, Google akan mengenalkan Pixel 4 yang bisa jadi akan mempunyai kejutan yang dapat membawa pemakai ke era fotografi komputer yang lebih canggih.

Lalu bagaimana dengan iPhone?

Tak dipungkiri sekitar bertahun tahun Apple dirasakan sebagai pemimpin tren, bahkan andai Apple tak merespon dengan racikan teknologi yang baru, produk-produk lainnya masih paling diandalkan laksana MacBook yang sekarang masih adalahlaptop yang sangat umum dipakai untuk DJ dan produser video. Meski demikian. iPhone tetap mesti mempertahankan kelebihan dalam kualitas video dan menambah kualitas fotografi yang sekarang mulai diungguli oleh pesaing yang lebih gesit.


Huawei tidak melulu meingkatkan keterampilan fotografi pada pemotretan rendah cahaya. Tapi pun menawarkan keterampilan zoom optik 5x di P30 Pro, lewat desain periskop yang pun pernah dipamerkan oleh Oppo. Dan sekarang Oppo pun telah memperkenalkan seri teranyar Reno dengan keterampilan 10x optical zoom.

OPPO Reno (OPPO)
OPPO Reno (OPPO)

iPhone 5G Terancam telat

Selain keterampilan kamera yang sekarang sudah tersaingi, iPhone pun puya ‘PR’ yang lumayan berat. Belum lama ini hadir kabar bahwa perlengkapan iPhone dengan teknologi 5G akan molor. Padahal, pabrikan smartphone berbasis Andoid sudah ramai memamerkan perlengkapan bertenaga 5G di ajang Mobile World Congress (MWC) sejumlah waktu kemudian dan siap meluncur tahun ini juga.

Memang, bukan sebab kesengajaan Apple akan telat mengenalkan perangkat 5G, ini sebab pabrikan AS tersebut punya masalah hukum dengan Qualcomm. Apple kini ini mengandalkan modem produksi Intel, sebenarnya sebelumnya mereka memakai perangkat besutan Qualcomm.

Nah, sekarang masalahnya ialah Intel mengalami kendala memenuhi tenggat waktu guna memasok komponen modem XMM 8160 5G yang sangat diperlukan di iPhone 5G generasi mendatang. Dan urusan ini ditebak akan menyerahkan masalah besar untuk Apple. Hal yang sangat menakutkan ialah keterlambatan peluncuran iPhone 5G di tahun 2020.

Melansir kabar dari Macrumors, dilafalkan bahwa Intel sudah kehilangan tenggat masa-masa pengembangan pada chip 5G. Hal ini menciptakan Apple kehilangan keyakinan pada Intel. Bagi peluncuran iPhone yang dijadwalkan bakal meluncur di September 2020, chip sampel 5G Intel mesti rampung dan mesti disediakan guna Apple musim panas ini, dan desain modem 5G yang telah jadi mesti tersedia sangat lambat pada mula 2020.

Intel menuliskan chipnya bakal ada di perlengkapan seluler pada tahun 2020, dan mempunyai rencana untuk mengantarkan komponen chipset 8160 5G pada paruh kedua tahun 2019. Akan namun tidak jelas apakah mereka bakal tepat masa-masa untuk mengisi tanggal target tersebut.

Setelah masalah ini merebak, hubungan Intel dan Apple sempat disebutkan tegang. Dan di sisi Intel, telah ada tiga manajer proyek yang memantau pengembangan modem 5G tersebut. Apple telah menyelenggarakan pembicaraan dengan Samsung dan Mediatek mengenai penyediaan chip modem 5G dalam masa-masa dekat, tetapi dua-duanya mengatakan bahwa mereka belum mempunyai chip yang siap guna tahun 2020.

/>
Sebenarnya, secara bisnis Apple tidak butuh “gengsi” guna kembali mengamanatkan pasokan ke Qualcomm, tetapi menilik ketegangan hukum yang semakin bertambah antara kedua perusahaan, kelihatannya tidak mungkin.

Terjepit oleh situasi ini, Apple sekarang sedang mempersiapkan guna mengembangkan chip modem 5G besutan mereka sendiri sampai-sampai tidak butuh bergantung pada Intel atau Qualcomm. Namun sayangnya, chip modem Apple itu belum bakal siap pada waktunya guna peluncuran iPhone 5G 2020.

Kabar teranyar dan masih sekedar rumor, Huawei disebut-sebut akan menawarkan modem 5G-nya ke Apple. Ini barangkali terdengar agak aneh, karena kita tahu bahwa hubungan antara AS dan Cina sempat tegang soal perang dagang dan Huawei pun pernah bujar tidak akan memasarkan chip buatannya ke brand  lain.

Jadi, tampaknya tahun ini Apple akan punya ‘PR’ yang lumayan berat dan diinginkan produk iPhone mendatang dapat menampilkan sesuatu yang baru yang lebih inovatif. Setidaknya, iPhone dapat menampilkan teknologi teranyar untuk kamera mendatang dan sedikit bercita-cita ada varian baru dengan layar lipat. Setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar