Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Injeksi - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Sabtu, 20 Juli 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Injeksi

Hasil gambar untuk Ritual Memanaskan Motor Injeksi Cuma Butuh Semenit
Ilustrasi mesin injeksi


Teknologi Terbaru - Dahulu memanaskan mesin sepeda motor sejenak adalahritual mesti sebelum berkeinginan berkendara. Namun kini, seiring peradaban teknologi, ritual itu melulu perlu dilaksanakan 'sekejap'.

Faktor terpenting yang menyebabkan mesin memanas lebih sedikit waktu adalah perubahan teknologi abrasi bahan bakar dari penggunaan karburator sejauh ini, sebagian besar mesin menggunakan injeksi.

Salah satu penanda pergantian ini ialah hilangnya tuas 'choke' yang telah umum ada di mesin karburator. Fungsi choke untuk meningkatkan aliran bahan bakar supaya lebih tidak sedikit ketimbang udara, gunanya biar mesin lebih mudah dikobarkan terutama ketika kondisinya dingin.


Choke tidak dibutuhkan mesin injeksi, karena teknologi ini telah presisi menyuplai bahan bakar cocok kebutuhan. Walau begitu, memanaskan mesin motor injeksi tetap urgen untuk tidak mempedulikan mesin menjangkau suhu optimal dan menantikan komponen internal terlumasi oli sebelum mulai berkendara.

Berikut empat poin penting tentang ritual memanaskan mesin injeksi menurut keterangan dari situs dealer utama Wahana Honda:

1. Tak Perlu Digas-gas

Motor canggih mesinnya sudah memakai teknologi injeksi yang dibekali pula dengan sistem elektronik Engine Control Module (ECM). Berkat ECM, kelaziman memuntir gas berulang kali biar mesin cepat panas tidak diperlukan. Mesin lumayan dibiarkan menyala kemudian dengan sendirinya pemanasan bakal berjalan sempurna.

Perlu dicerna setelah parkir semalaman, posisi pelumas akan menumpuk di unsur bawah mesin. Tujuan memanaskan mesin injeksi supaya seluruh komponen di ruang mesin terlumasi dengan sempurna sebelum motor disuruh bepergian. 

2. Durasi Memanaskan Mesin

Memanaskan motor punya aturan tersendiri, tidak disarankan terlalu lama guna mesin injeksi. Durasi yang dianjurkan satu menit bikin motor injeksi, tiga menit guna karburator. 

Ada dalil kenapa anda tidak boleh lama-lama tidak mempedulikan motor menyala, salah satunya yakni panas berlebihan. Hal ini diakibatkan motor dalam posisi diam sampai-sampai sirkulasi udara tidak selancar ketika berkendara.

Memanaskan motor terlampau lama pun membuat leher knalpot cepat menguning dan boros bahan bakar.

3. Gunakan Engkol

Ada baiknya sesekali mengobarkan mesin memakai engkol atau kick starter, khususnya buat motor yang telah terlalu lama diam. Tujuannya meringankan beban kelistrikan kendaraan.

4. Biar Motor Tak 'Kaget'

Sama laksana tubuh insan yang butuh pemanasan sebelum berolahraga, motor pun memerlukan pemanasan biar komponen-komponennya tidak kaget saat digunakan berkendara. 



Setelah suhu optimal telah tercapai dan sirkulasi oli telah sempurna, motor baru dapat diajak lari. Memanaskan motor pun membuat komponen mesin lebih awet, sebab tidak tiba-tiba bekerja sesudah 'diam' dengan waktu lumayan lama. (ryh/fea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar